Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Trik Menghindari Toko Online Palsu

Jaringan Internet merupakan suatu kebutuhan dimana awalnya hanya sebagai pelengkap dan mulai bergeser menjadi kebutuhan pokok layaknya telpon. Internet juga termasuk alat komunikasi yang praktis mampu mengirim file apapun dan dapat menerima file dengan bentuk apapun pula. Mulai dari hal yang kecil yang awalnya hanya dikenal melalui tatap muka langsung dan nyata bisa digantikan dengan dunia maya dan tak langsung. Internet memang sangat penting pada zaman saat ini tak ada batasan strata maupun umur, mulai yang muda hingga yang tua bahkan dari yang tak punya hingga kaya raya juga butuh media ini untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kehidupan berbelanjapun sudah merambah ke dunia maya, hanya dengan sebuah situs online mampu melakukan transaksi. Sebagai konsumen dapat mentransfer sujumlah uang
sesuai dengan harga baranag maupun jasa yang kita perlukan sesuai harga yang telah dipatok oleh penjual. Nah setelah itu akan diambil alih oleh jasa kurir untuk mengirim barang yang diperjualbelikan. Hanya saja masalah kepercayaan konsumen terhadap situs e-commerce menjadi sebuah masalah. Apakah situs tersebut dapat dipercaya atau tidak, maka cara membedakan situs toko online asli dan palsu. 

Berikut ini ciri-ciri situs toko online penipu (scam) antara lain : 
  1. Menggunakan nama domain gratisan misalnya : blogspot, wordpress, detik, dll
    NB : Meskipun tidak semua yang menggunakan domain gratis tersebut penipu.
  2. Tampilan ala kadarnya yang penting memuat produk-produk yang dijualnya tanpa memperhatikan kepuasan visitor.
  3. Tidak mencantumkan alamat yang jelas maupun kontak yang tidak terpercaya
  4. Harga produk yang tidak sesuai pasaran, harga dibawah standar
  5. Customer Service (CS) yang yang lebih agresif mengejar konsumen ataupun malah enggan untuk membalas keluhan konsumen. 
Pengalaman adalah guru terbaik, nah ketika itu membeli sebuah produk dari sebuah situs yang saya anggap terpercaya. Ketika beli sebuah produk dari salah satu yang ditawarkan dan mentransfer sejumlah uang yang telah diminta. Beberapa bulan kemudian barang yang telah saya beli tak kunjung sampai rumah saat dikonfirmasi dan diberikan kontak pejual untuk konfirmasi. Setelah mengirim pesan dari penjual menyetakan bahwa telah mengirim barang peasanan sesuai lokasi. Setelah konfirmasi ke pihak kurir juga telah mengkonfirmasi bahwa barang telah dikirim namun karena alamat tidak jelas dikirim kembali ke pengirim. Saat saya konfirmasi lagi ke penjual yang mengirim, malah menyatakan sudah lewat batas dari laporan keluhan dan enggan untuk menanggapi kembali. 

Nah itulah salah satu pengalaman saya ketika membeli barang di sebuah situs toko online. Jadi berhati-hatilah membeli barang di situs toko online dimana anda ragu-ragu untuk bertransaksi, maka tundalah transaksi anda sampai benar-benar yakin dan pihak penjual mau dan ramah dalam menerima keluhan konsumen. Sedikit tips juga coba lihat di media sosial tentang toko online tersebut apakah tanggapan orang lain positif atau negatif terhadap situs tersebut. Apabila banyak masalah sebaiknya anda mencari toko online lain yang menurut anda dapat dipercaya dan mementingkan kepuasan konsumen.

Posting Komentar untuk "Tips dan Trik Menghindari Toko Online Palsu"