Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Akamai dan Penjelasan Tentangnya

Akamai Network
Akamai, apa itu akamai ? mungkin bagi yang sudah tahu ya pasti tidak heran dan bertanya. Namun bagi yang belum tahu apalagi belum pernah mendengar pasti bingung dan bertanya-tanya. Kata "akamai" berasal dari bahasa Hawaiian yang berarti cerdas, cerdik, dan pintar. Akamai adalah sebuah perusahaan yang ada di New York di bidang internet sebagai third party software serta konten internet dan aplikasi agar pengguna dapat mengakses sebuah alamat url lebih cepat dan stabil. Kendati nama Akamai tidak terlalu terkenal tetapi perusahaan besar seperti Google, Yahoo, Apple, dan beberapa perusahaan besar lain harus menggunakan jasa akamai untuk men-support website mereka itu semua adalah client dari akamai. Semua perusahaan tersebut bekerjasama dalam bisnis internet. 

Bila sebuah perusahaan menggunakan akamai, maka ketika sebuah user mengakses sebuah website akan tetap mengunduh file html pada perusahaan tersebut namun untk file dengan size besar seperti video, image, dan audio akan dialihkan ke server-server akamai terdekat dengan user. Sehingga user akan lebih cepat dan stabil dalam mengakses file tersebut. Jadi akamai sendiri memiliki ribuan server yang tersebar di seluruh dunia dengan aplikasi algoritma tertentu yang mampu mempercepat akses ke sebuah halaman web perusahaaan yang menjadi client akamai. Cara kerja akamai seperti halnya cache engine dimana akan menyimpan file - file ukuran besar seperti media files. Ketika user mengakses webiste client-nya kita tetap mengakses file html-nya dari server website tersebut, namun ketika mengakses image, video, dan audio akan diarahkan ke server terdekat milik akamai.

Akamai juga mengawasi trafik di internet yang digunakan pengguna muai dari kecepatan akses internet, virus yang mungkin akan menyerang, trojan atau worm dalam sebuah situs dan lain sebagainya. Dengan menggunakan software akamai seluruh data akan dikumpulkan, diolah, dan digunakan untuk referensi pendeteksian terhadap lalulintas internet agar menjadi lebih baik. Namun hanya dapat memberikan data yang mengguakan server akamai dan tidak semua jaringan internet menggunakan server akamai. Akamai juga bermanfaat bagi pengguna dalam memberikan data situs yang paling banyak diakses, memberikan informasi mengapa lalulintas internet menjadi lambat, terinfeksi ( virus, worm, dan trojan ), dan kadangkala tidak mampu mendeteksi kesalahan pada jaringan. Kedudukan akamai dalam bisnis internet adalah memantau lalulintas internet dan mengidentifikasi penyebab terganggunya jalur internet. Layanan ini memberikan data dan efektif membantu dalam sistem keamanan sehingga membantu juga dalam bisnis secara online.  

Konfigurasi DNS pada user computer akan menentukan server akamai terdekat mana yang akan diakses, Jadi pengggunaan DNS menentukan kecepatan akses sebuah data, jadi gunakan DNS yang diberikan oleh ISP daripada menggunakan DNS lain. DNS  server akamai akan mengecek jika DNS adalah range IP address dari sebuah ISP, maka akan diberikan ke server akamai pada ISP tersebut. Telkom, Biznet, dan Lintasarta adalah beberapa perusahaan asal Indonesia yang menggunakan jasa akamai dan bekerjasama dalam bisnis internet.  

Apabila sistem operasi Windows berjalan melalui proses netsession_win.exe dikenal dengan Akamai Netsession adalah download manager serta accelerator yang digunakan dan diintegrasikan oleh software developer dalam proses download sehingga berjalan dengan stabil, cepat, dan efisien. salah satu aplikasi yang memanfaatkan akamai adalah Aeria Downloader sehingga akan diarahkan ke server akamai terdekat dengan user. Untuk lebih lanjut akan dibahas dalam artikel selanjutnya, jadi terus kunjungi website ini dan mari berbagi pengetahuan dan ilmu dalam berbagai hal. Terlebih dalam teknologi dimanapun dan kapanpun manusia akan dikelilingi oleh teknologi dan akan selalu menggunakan teknologi untuk menunjang kehidupannya.

Posting Komentar untuk "Apa itu Akamai dan Penjelasan Tentangnya"