Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Pesan Taksi GrabTaxi dalam Memajukan Transportasi Indonesia



Di negara maju media transportasi menjadi hal yang paling utama dalam menyambungkan beberapa daerah. Misalnya antar kota bisa menggunakan bus, bila antar pulau dapat menggunakankapal Feri serta dapat menggunakan pesawat udara. Jadi media transportasi berpengaruh dan menjadihal utama untuk memeratakan ekonomi dan perkembangan setiap daerah. Seperti halnya Indonesia yang memiliki pulau yang begitu banyak jumlahnya sehingga mengharuskan pemerintah untuk menghubungkan daerah-daerah tersebut dengan alat transportasi serta jaringan telekomunikasi. Sehingga dengan begitu kemerataan pendapatan dan pengiriman barang maupun jasa bisa dijangkau dengan mudah. Agar tidak semua kegiatan ekonomi di konsentrasikan pada suatu wilayah, suatu daerah, maupun hanya suatu pulau saja. 

Untuk mendukung kegiatan transportasi darat menggunakan media jalan raya seperti bus dan taksi. Sebuah aplikasi smartphone telah diluncurkan untuk membantu pengguna taksi (pelanggan) dengan driver (sopir taksi). Aplikasi tersebut bernama GrabTaxi
dimana calon penumpang dapat memasukkan tujuan mereka dan memudahkan pengemudi taksi untuk mengetahui tujuan dan menyesuaikan dengan rute yang diinginkan. Aplikasi GrabTaxi telah masuk pasar Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam sebelum akhirnya memasuki pasar Indonesia. GrabTaxi di Indonesia berkerjasama dengan PT. Metro Asia Pasifik untuk lebih memahami lokasi dan jumlah armada taksi.

GrabTaxi secara otomatis mendeteksi user dengan built-in GPS (Global Positioning System) pada smartphone dan menunjukkan jumlah taksi yang berada dalam radius tertentu. Calon penumpang tinggal memilih tujuan yang dikehendaki dan kemudian diteruskan kepada driver taxi. Driver tersebut kemudian mengajukan tawaran untuk pesanan tersebut dan yang terdekat akan ditugaskan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Kemudian calon penumpang tersebut akan menerima konfirmasi pesanannya telah diterima dan diteruskan kepada driver untuk melakukan tugas tersebut dalam waktu singkat dengan informasi detail driver, nama, nomor taksi, dan perkiraan waktu kedatangan taksi tersebut. User juga dapat melacak secara real-time dari taksi yang dipesan. Dengan terintegrasinya aplikasi tersebut dengan peta populer GPS akan membantu driver untuk menemukan arah yang benar. GrabTaxi juga memastikan calon penumpang akan mendapatkan transportasi yang aman. Bagi pengguna smartphone Android, langsung saja download di Google Play dan untuk smartphone iOs, BlackBerry, dan Windows Phone silahkan di cek untuk masing-masing storenya.

Semoga dalam pilpres 2014 ini, Indonesia diberikan presiden yang mampu mengayomi dan memeratakan serta meningkatkan taraf hidup masyarakatnya dengan program kerja dan kabinetnya nanti. Tak ada kesenjangan antar pulau, pusat kegiatan ekonomi tidak terpusat disuatu tempat saja melainkan di setiap daerah dengan keunggulan masing-masing yang menjadi daya tarik ekonomi. Jadi negara yang besar ini memiliki berbagai macam produk dimana setiap daerah berbeda dengan perbedaan tersebut mampu saling melengkapi dan menjadi negara maju.

Posting Komentar untuk "Aplikasi Pesan Taksi GrabTaxi dalam Memajukan Transportasi Indonesia "