Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang Bisa Dilakukan Saat Mengalami Harddisk Bad Sector

Selamat sore semua jumpa lagi di blog saya ini, kali ini saya akan membahas masalah Hardware khususnya Harddisk. Memang kebutuhan akan media penyimpanan saat ini sangat mengagumkan kapasasitas harddisk yang dulunya hanya beberapa Giga Byte, namun saat ini sudah mencapai Terra Byte. Kadang kalanya sebuah buatan manusia juga bisa rusak, rusaknya harddisk yaitu terdapat bagian dari harddisk yang tidak bisa digunakan oleh sistem karena kerusakan atau kegagalan dari OS dalam mengaksesnya. Karena rusaknya harddisk tersebut juga berpengaruh terhadap kinerja komputer akan melambat. Terdapat 2 jenis Harddisk Bad Sector diantaranya adalah Hard Bad Sector atau biasa disebut Physical Bad Sector dan Logical Bad Sector.

Hard Bad Sector atau Physical Bad Sector adalah kerusakan yang tidak bisa diperbaiki karena kerusakan tersebut pada bentuk fisiknya yang biasanya disebabkan oleh "Head Crash". Head Crash adalah kondisi dimana head pada harddik terjadi kontak terhadap platter yang menyebabkan kerusakan tersebut tergolong permanen. Physical Bad Sector juga bisa disebabkan oleh cacat disaat produksi, yaitu kondisi harddisk memang rusak saat diproduksi atau saat dijual. Karena kerusakan ini tergolong permanen maka dianjurkan untuk membeli baru jika mengalami Physical Bad Sector atau mengurus garansinya jika masih berlaku.

Logical Bad Sector atau Soft Bad Sector adalah kondisi dimana harddisk tersebut mengalami kerusakan yang masih mampu diperbaiki dengan software dengan kata lain kerusakannya masih bersifat software. Salah satu software yang bisa dipakai untuk memperbaikinya yaitu pada OS Windows dapat menggunakan software bawaannya 'Chkdsk'. Bila mengalami kerusakan software maka coba lakukan instruksi dibawah ini : 
1. Buka windows explorer ( tekan pada keyboard logo Windows + E )
2. Klik kanan pada disk yang akan dicek kemudian pilih properties
3. Buka tab 'Tools' lalu pada bagian error checking pilih 'Check' pada windows 8.1 64bit sedangkan pada windows 7 pilih 'Check Now'.



4. Pilih Scan drive meskipun mengecek adanya kerusakan pada harddisk, masih dapat menggunakan harddisk seperti biasa jika terdapat error akan menginformasikan untuk memperbaikinya (windows 8.1 64bit) Sedangkan pada windows 7 centang kedua pilihan lalu klik start



5. Setelah semua proses telah selesai komputer akan restart
    
Pada proses ini memakan waktu cukup lama, oleh karena itu bila ingin melakukan proses ini disarankan ketika komputer sedang tidak digunakan. 

Berikut ini beberapa tips untuk menghindari dari yang namanya Bad Sector yaitu : 
1. Pastikan suhu komputer tetap dingin dan berada pada suhu normal dan selalu bersihkan dari debuu yang menempel.
2. Matikan komputer dengan proses semestinya.
3. Selalu gunakan Power Supply bawaan atau yang kualitasnya baik untuk menjaga arus dari sumber daya tetap stabil dan dalam rating yang telah ditentukan oleh pabrik.
4. Hindarkan komputer atau laptop dari goncangan - goncangan untuk mencegah terjadinya head crash.
5. Gunakan anti virus yang selalu update sehingga akan memperkecil kemungkinan dan dapat memblock serangan malware.
6. Rutin menggunakan software Disk Defragmenter untuk mencegah terjadi Bad Sector. 

Posting Komentar untuk "Apa yang Bisa Dilakukan Saat Mengalami Harddisk Bad Sector"