Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Hacker dan Cracker

hacker dan cracker
Presepsi istilah antara cracking dan hacking dikalangan masyarakat awam dianggap sama. Karena kurang penjelasan dan perbedaan yang antara kedua istilah tersebut. Orang-orang menganggap Cracker adalah Hacker dan Hacker tetaplah Hacker. Keduanya sama-sama memiliki kemampuan dalam menembus sistem jaringan
firewall. Misalnya seperti sebuah situs yang di-hack dan tampilan situs tersebut dirusak dan diganti dengan tampilan yang dibuat oleh seorang cracker. Mungkin menurut anda itulah sebuah tindakan hacking, padahal itu bukanlah sebuah tindakan hacking melainkan itulah tindakan cracking.

Pada dasarnya cracker dan hacker adalah seorang yang mengerti mengenai sebuah sistem yang membatasi orang lain untuk menembus dan mengacak-acak data yang ditembus. Namun, disamping pihak, terdapat perbedaan yang dapat membedakannya. Jadi, Bila cracker dengan tindakannya yang disebut cracking adalah sebuah tindakan yang merugikan orang lain dan menguntungkan orang tertentu dengan merusak sebuah sistem. Berbeda dengan hacker dengan tindakannya yang disebut hacking merupakan tindakan dimana seorang hacker mencari kelemahan dari sebuah sistem tentu saja dengan seizin pemiliknya, mengetes, dan memperbaiki kelemahan sistem tersebut dari penyelidikan celah-celah dari sebuah sistem. Celah-celah sistem tersebut akan diperbaiki dan mengetesnya lagi, agar sistem keamanan dari sebuah sistem tersebut tidak mudah ditembus. 

Perang teknologi yang sekarang terjadi baru-baru ini juga antar cracker dan hacker yang saling serang membela negara, perusahaan, atau lembaga dimana mereka berkumpul. Bahayanya adalah ketika mereka menembus sistem keamanan sebuah negara dan mencuri data penting yang akan disebarluaskan maka akan menjadi polemik dan melanggar privasi sebuah negara. Bila hal tersebut terjadi, maka tak hanya akan menimbulkan perang teknologi, bahkan bisa menyebabkan perang antar sebuah negara yang akan memakan banyak korban dan menghabiskan banyak energi.

Untuk itu, perbedaan antara hacker dan cracker sudah jelas dan dapat dibedakan dan dipilah. Berbahaya mana antara hacker dan cracker, tentu saja anda dapat membedakannya. Dengan semua contoh penjelasan yang dijelaskan. Jadi, perhatikan baik-baik situs yang akan anda kunjungi dan pastikan bahwa situs tersebut sehat dan bebas dari tindakan cracking yang pasti merugikan anda.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Hacker dan Cracker"