Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati-Hati Aplikasi Instagram Palsu Berisi Malware

Gambar Instagram

Instagram merupakan sebuah aplikasi dimana kita dapat share foto dengan orang lain melalui dunia maya, memang Instagram tengah menjadi topik hangat akhir-akhir ini. Namanya terus melambung sejak aplikasi ini tersedia untuk platform Android, kemudian aplikasi besutan Kevin Systrom ini dibeli Facebook senilai 1 miliar USD. Seiring dengan tingkat kepopuleran aplikasi ini yang terus meroket, tak heran jika pada akhirnya Instagram menjadi sasaran berikutnya bagi para penjahat dunia maya.


Dilaporkan bahwa sekelompok orang di Rusia telah menciptakan sebuah situs Instagram palsu yang menawarkan download aplikasi langsung dari situs (bukan dari Google Play). Dalam aksinya, situs itu kemudian menginfeksi perangkat dengan walware yang telah dimasukkan kedalamnya.
Berdasarkan pengujian yang dilakukan Sophos, diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi palsu tersebut tidak terlalu berupaya keras untuk menyalin aplikasi Instagram asli, tetapi hanya mencoba untuk menghubungkan dengan beberapa jaringan mobile di Rusia. Hal itu dilakukan dalam upaya untuk memperoleh keuntungan berupa uang dengan mengirimkan pesan ke nomor premium.
Membuat aplikasi palsu yang terinfeksi dengan malware adalah teknik yang populer digunakan oleh para penjahat cyber. Anehnya, aplikasi Instagram palsu ternyata disertai gambar orang ini. Apakah orang ini sebagai pencipta dari aplikasi atau sekadar foto acak, memang belum diketahui.
Instagram Malware Photo
Jadi, untuk menghindari kemungkinan buruk dari terinstalnya aplikasi yang justru membahayakan kita, sudah sepatutnya kita berhati-hati dengan aplikasi yang kita download dan dari mana kita peroleh aplikasi tersebut.
Pasalnya, banyak penjahat cyber yang memperoleh keuntungan dari aplikasi berbahaya yang dibuatnya hingga jutaan dollar. Untuk melakukan aksinya pun, mereka tak segan-segan menggunakan segala jenis trik untuk mencoba dan meyakinkan calon korbannya untuk mendownload sebuah aplikasi berbahaya itu.

Mungkin sesaat lagi ada antivirus untuk menangkal serangan tersebut. Dimana ada kejahatan pasti ada kebaikan yang akan melawan. Itulah hukumnya dan itulah keseimbangan alam yang akan terus menjaga dan menyeimbangan apapun yang ada. Semoga bermanfaat terima kasih.

Posting Komentar untuk "Hati-Hati Aplikasi Instagram Palsu Berisi Malware"