Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Charge Smartphone Supaya Awet

Smartphone adalah sebuah kebutuhan primer manusia saat ini, semua aktivitas manusia dapat di-schedule dalam sebuah aplikasi smartphone. Smartphone akan dibawa kemanapun dan dimanapun serta dapat digunakan membantu mengerjakan banyak hal, mulai dari yang paling sederhana saja yaitu telepon, kirim pesan, e-mail, membaca berita, memotret, meremote alat pun dapat digunakan dengan hanya sebuah ponsel smartphone. Namanya saja smartphone, artinya telepon pintar jadi telepon yang dapat digunakan untuk banyak hal dalam memenuhi kebutuhan manusia. 


Disamping manfaat itu juga dibutuhkan lifetime agar semua kegiatan dapat dihandle bila diambil rata-rata, smartphone mampu beroprasi mulai dari 4 hingga 5 jam tentunya bila digunakan secara terus menerus. Sedangkan kebutuhan akan smartphone tidak cukup hanya untuk ativitas sehari saja. Tentunya akan selalu dibutuhkan, maka ada beberapa tips mengisi baterai smartphone dengan baik dan benar supaya smartphone kesayangan bisa berumur panjang. Inilah beberapa tips agar smartphone kesayangan awet tahan lama dalam hal charging battery. 

Jangan biarkan baterai sampai habis total atau drop
Jika baterai smartphone menggunakan bahan nikel, maka tips pertama ini tak cocok. Sebaiknya untuk berbahan nikel adalah biarkan habis terlebih dahulu sebelum charge kembali. Namun baterai dengan bahan nikel sudah mulai tidak digunakan dan mulai menggunakan bahan lithium-ion dengan berbeda perawatannya pula. Sebaiknya baterai dengan bahan lithium-ion harus dijaga supaya daya baterai minimal 20 persen atau tetap penuh diatas 50 persen. Meskipun harus tetap dijaga agar prima, sesekali daya didalam baterai dihabiskan dibiarkan hingga habis mungkin sebulan sekali untuk merefresh atau kalibrasi baterai. 

Hindari suhu panas untuk smartphone
Jangan biarkan smartphone ditempat yang panas, walaupun dalam keadaan mati. Karena dengan adanya suhu panas maka dapat merusak komponen baterai yang tidak tahan panas. Idealnya baterai lithium-ion disimpan dalam suhu 15 derajat celsius dan maksimum 50 derajat dan minimum minus 40 derajat. Sehingga jangan biarkan smartphone diluar dari suhu yang telah direkomendasikan untuk menjaga keawetan smartphone. 

Bila ingin men-charge smartphone usahakan selalu direct ke stop kontak listrik
Hubungkan baterai smartphone dengan charger melalui stop kontak merupakan cara yang telah direkomendasikan. Meskipun saat ini ada metode pengisian kembali baterai smartphone secara nirkabel, namun dengan metode tersebut dapat menghasilkan panas yang akan dapat merusak baterai. Meski dibilang jadul charging smartphone dengan stop kontak, tetapi cara tersebut lebih cepat dan aman dibanding dengan menghubungkan ke laptop atau komputer melalui USB kabel data maupun charger. 

Jangan biasakan charge semalaman ketika tidur malam
Sebuah kebiasaan lama menghubungkan baterai dengan charger dan disambungkan ke stop kontak listrik semalaman sambil ditinggal tidur juga sebuah kesalahan. Meskipun tekologi listrik saat ini secara otomatis memutuskan source listrik dari charger ketika daya baterai sudah 100 persen. Jangan biarkan baterai telah 100 persen namun tetap diisi, itu juga merupakan tindakan yang tidak baik. Mengisi baterai berkali-kali  hingga terisi penuh lebih baik untuk komponen baterai dibanding bila dibiarkan kosong atau mengisi baterai dalam keadaan 100 persen secara terus menerus. Bahan lithium-ion juga rawan bila dibiarkan kehabisan daya secara terus menerus karena baterai lithium-ion memiliki komponen yang akan merusak baterai itu sendiri untuk mencegah agar baterai tidak sampai meledak. Pengguna harus terus waspada walaupun tidak setiap hari terjadi namun harus selalu waspada bukankah mencegah lebih baik daripada memperbaiki.
Itulah beberapa tips agar smartphone kesayangan lebih awet dan tetap prima. Menjadi pengguna yang pintar dan selalu standar adalah ciri orang yang baik dan aman. Dengan pengguna pintar akan meminimalisir kesalahan dan kecelakaan supaya tidak ada accident dan merugikan pengguna. Jadi selalu perhatikan cara pemakaian dan perawatan yang benar.

Posting Komentar untuk "Tips Charge Smartphone Supaya Awet"