Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proyek Ubuntu for Android Dihentikan

U4A

Mungkin anda sudah pernah membaca atau mengetahui jika Canonical sebuah perusahaan yang mengembangkan Ubuntu berniat membuat platform Ubuntu for Android. Perusahaan asal Inggris ini dapat aktif digunakan bila smartphone Android disambungkan pada sebuh dock khusus. Dock ini
dihubungkan dengan monitor, keyboard, dan mouse. Jadi Ubuntu for Android hanyalah sebuah aplikasi atau add-on sehingga Ubuntu tidak terinstall di smartphone Android anda. Namun semua aktivitas komputasi tersebut ditenagai oleh smartphone Android pengguna.

Dilain hal user tetap dapat menggunakan aplikasi-aplikasi Android dan mengakses data-datanya. Bila smartphone Android dilepas dari Dock, maka akan kembali menjadi smartphone Android. Pengguna produk ini dapat mengakses Ubuntu dengan aplikasi premiumnya seperti Office, Multimedia, Web browsing, dan E-mail, Pendiri Canonical Mark Shuttleworth dalam blog resmi Ubuntu. Ubuntu for Android juga dapat menggunakan konektivitas layaknya smartphone Android seperti jaringan 3G dan 4G karena Android dan Ubuntu masih dalam satu keluarga kernel Linux. Syarat smartphone Android yang mampu menggunakan aplikasi ini adalah smartphone dengan prosesor dual-core ARM dan Dock yang digunakan juga masih belum diketahui.

Namun beberapa waktu lalu dalam situs resminya menampilkan tulisan yang seharusnya tidak muncul di homepage dan saat ini telah dihapus. Tulisan tersebut muncul sebagai berikut, "Ubuntu for Android (U4A) disebut sebagai fitur yang harus dimiliki perangkat Android high-end. Ubuntu for Android sekarang tidak lagi dikembangkan, sehingga halaman web ini seharusnya juga dimatikan."

Canonical ingin mengembangkan sistem operasi buatan mereka sendiri dan enggan bekerjasama dengan Android. Pada Januari 2013 lalu Ubuntu Touch dikenalkan dan tak hanya mengembangkan sistem operasi buatannya, namun akan membuat perangkat smartphonenya sendiri.

Proyek Ubuntu for Android tidak sepenuhnya dihentikan jika ada rekanan yang memiliki prospek, maka proyek tersebut juga dapat dilanjutkan. Karena membutuhkan biaya yang besar untuk mengembangkan proyek ini sehingga Canonical membutuhkan waktu dan rekan yang sesuai. Sehingga proyek tersebut dapat berjalan dan dikenalkan di publik sesuai yang diinginkan.

Posting Komentar untuk "Proyek Ubuntu for Android Dihentikan"