Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Linux

Maskot Linux
Untuk kali ini akan lebih berbeda dari sebelumnya yaitu sekarang akan membahas masalah sistem operasi gratis. Setelah mengikuti ujian semester dengan baik dan semoga nilainya memuaskan meskipun tinggal 1 mata kuliah dalam ujian praktek yang belum selesai. Untuk kali ini akan membahas masalah linux dalam hal pengenalan secara sederhana dimana saat ini saya juga masih dalam tahap pemula atau lebih kerennya newbie.

Linux adalah sebuah sistem perasi gratis alias open source yang artinya setiap orang bisa menggunakannya tanpa membayar lisensi seperti windows. Namun
dalam hal penggunaannya sangatlah berbeda dengan tampilan dan isi sistem operasi ini dapat diubah-ubah sesuai dengan kemauan pengguna. Dengan menggunakan sistem operasi ini, kita memiliki kebebebasan untuk mengakses dan mengatur software apapun yang kita perlukan.

Biasanya dalam menginstal suatu sistem operasi akan sama saja namun, sekarang ada sistem BIOS yang berbeda yaitu BIOS Legacy dan UEFI untuk perbedaannya nantikan update artikel selanjutnya. Tunda dulu masalah macam BIOS sekarang kita bahas masalah Linux seperti uraian paragraf. Bila dalam OS (Operating System) Linux seperti yang telah dibahas dalam artikel sebelumnya yaitu OS Linux BlankOn. Linux pertama diperkenalkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991 dan sesuai nama pembuatnya, maka OS ini diberi nama Linux. Peralatan sistemnya berasal dari sistem operasi GNU oleh Richard Stallman dikenalkan pada tahun 1983. Karena alasan GNU ikut berkontribusi maka Linux/GNU menjadi suatu nama alternatif.

Linux sebenarnya tidak muncul baru dalam abad ini, melainkan sudah lama dan kurang terkenal karena kalah dengan OS Microsoft Windows. Karena beberapa alasan dan masalah yang muncul maka Linux diperkenalkan dan digunakan sebagai Server dengan dukungan beberapa perusahaan besar seperti Intel, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, Sun Microsystems, IBM, Hewlett-Packard (HP), dan Dell. Beberapa perangkat keras seperti komputer dekstop, laptop, smartphone, router, superkomputer, serta sistem permainan video seperti PlayStation 2, 3 dan Xbox. Mengapa Linux menjadi terkenal dan sukses jawabannya adalah karena Linux tidak bergantung kepada vendor, biaya ekonomis, kompabilitas tinggi, serta keamanan dan kestabilan tinggi sehingga menjadi terkenal dan dipakai banyak orang seperti OS Android dalam smartphone saat ini. dengan keunggulan tersebut ditambah lagi dengan opensource software yaitu tanpa lisensi serta terbuka untuk siapapun.

Dalam sistem operasi ini dikenal istilah distribusi linux atau distro linux yang sudah termasuk perangkat lunak seperti server web, bahasa pemrogrman, basis data, dekstop environment (tampilan dekstop) seperti GNOME, KDE, dan Xfce dengan dilengkapi pula paket aplikasi perkantoran yang hampir sama dengan yang ada di Microsoft Windows yaitu OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric dan LibreOffice dengan sistem tampilan dan penggunaan yang hampir sama tersebut maka ini dapat menjadi aplikasi alternatif bagi pengguna linux dalam hal perkantoran.

Distribusi Linux atau dikenal dengan Distro Linux membuat suatu program sistem serta aplikasi tambahan dengan suatu program yang memasang keseluruhan sistem di komputer (installer program) yang didistribusikan oleh suatu organisasi. Inti dari linux terletak pada kernel, koleksi program dari GNU, shell, dan utilitas seperti libraries, kompilator, dan penyuting (editor). Macam-macam Distro Linux yang terkenal antara lain : Ubuntu dengan variasinya, OpenSUSE, Fedora, BackTrack, Mandriva, Slackware, Debian, PCLinuxOS, Red Hat, CentOS, dan lain-lain yang masih banyak developer - developer OS terbuka ini.

Posting Komentar untuk "Pengenalan Linux"