Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Mengenai Sistem Operasi Android

Sebuah sistem operasi linux bernama Android yang digunakan perangkat mobile mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi. Android sebagai platform terbuka Open Source untuk pengembang (Developer) membebaskan programmer untuk membuat sebuah aplikasi. Android bukanlah
sebuah bahasa pemrograman yang baru, melainkan hanya menyediakan lingkungan hidup (run time environment) dikenal dengan istilah DVM (Dalvik Virtual Machine) mampu digunakan pada sebuah perangkat dengan sistem memori kecil yang telah dioptimasi. Sebuah perusahaan mesin pencari yaitu Google Inc. meakuisi sistem operasi ini dari Android Inc. yang sekarang bersaing dengan Windows Phone, iOs dan BlackBerry. 

Developer Android awal mulanya membentuk suatu aliansi bernama OHA (Open Handset Aliance) dan kurang lebih 34 perusahaan yang ikut dalam pengembangan sistem operasi ini seperti Perusahaan Hardware, Perusahaan Software dan Perusahaan dibidang Telekomunikasi. 

Sekitar bulan September 2007, Google membuat smrtphone dengan nama Nexux One dengan sistem operasi berbasis Android yang diproduksi oleh HTC Corp dan dipasarkan pada 5 Januari 2008. Android yang diluncurkan pertama kali pada 5 November 2007. Android dan OHA menyatakan sebagai Developer Open Source perangkat moble. Kemudian anggota baru yang bergabung dalam developer dalam program Android ARM Holdings, Atheros Communications yang diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Sony Ericsson, toshiba Corp, Vodafone Broup Plc dan Garmin Ltd. Adanya OHA maka produk perdana perangkat mobile berbasis Android yang memodifikasi Kernel Linux 2.6 dimunculkan dipasaran.

Banyak vendor-vendor yang menggunakan sistem operasi Android dalam pembuatan smartphone buatannya seperti Sony, Samsung, Asus, Dell, HTC, IMO, LG, Motorola, dan masih banyak lagi vendor lainnya. Distributor sistem operasi Android pertama adalah dari Google Mail Service (GMS) yang mendapat dpukungan penuh dari Google dan kedua adalah tanpa dukungan langsung dari Google atau dikenal dengan Open Handset Distribution (OHD). 

Posting Komentar untuk "Penjelasan Mengenai Sistem Operasi Android"