Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Protokol dalam Dunia Komputer


Koneksi antar komputer

Di dunia nyata ada namanya peraturan yaitu hukum yang membatasi, mengikat, dan memaksa. Dengan kata lain aturan ini dibuat untuk membentuk suatu keteraturan dalam kehidupan suatu kelompok dan masyarakat dalam suatu negara. Jadi dalam hubungan antar manusia memiliki batasan dan aturan yang ideal untuk menjaga kestabilan antar sesama.  Dengan hukum juga diharapkan tidak ada yang melanggar hak dan kewajiban orang lain yang akan merugikan orang lain.

Nah bila dalam dunia teknologi komputer, protokol merupakan
aturan atau standar yang mengatur juga mnegizinkan terjadinya suatu hubungan (koneksi), komunikasi, dan pertukaran data atar komputer. Jadi protokol
dapat digunakan pada hardware, software, maupun keduanya yang menjadi mutlak dibuat agar kesemua komponen dapat digunakan dan berjalan dengan baik. Protokol dalam tingkatan terendah mendefinisikan sebuah koneksi perangkat keras.

Untuk membangun sebuah komputer atau menghubungkan antar komputer, digunakanlah protokol pada penggunaannya. Protokol digunakan pada komunikasi real time dimana untuk mengatur struktur informasi dan penyimpanan jangka panjang. Protokol memiliki berbagai macam dan variasinya dalam penggunaannya, Biasanya protokol memiliki salah satu atau hal seperti berikut ini. 
- Mendeteksi adanya koneksi dengan media lain seperti antar komputer dan bisa juga dengan alat lain.
- Memberikan pilihan tentang karakteristik hubungan 
- Cara mengawali atau mengakhiri suatu pesan
- Format pesan yang digunakan
- Mengetahui yang harus dilakukan ketika terdapat kerusakan pesan
- Mendeteksi apa yang akan terjadi pada langkah selanjutnya pada hubungan jaringan
- Menutup suatu koneksi
Dalam pembuatan protokol terdapat tiga hal yang harus dipikirkan yaitu efektivitas, handal, maupun kemampuan bila terjadi suatu kesalahan. Standarisasai protokol digunakan untuk komunikasi diberbagai pembuat perangkat agar tidak terjadi perbedaan dan apabila perbedaan tersebut salah akan mengakibatkan kegagalan atau kesalahan yang melanggar aturan dan terjadi kegagalan hubungan. 

Banyak lembaga dunia yang mengerjakan standarisasi protokol yang harus ikuti oleh pengguna perangkat. Standarisasi ini banyak dikeluarkan oleh IETF, ETSI, ITU, dan ANSIProtokol merupakan aturan standar yang mengatur terjadinya semua koneksi, komunikasi, dan pertukaran data antar komputer. Dengan protokol yang mampu diterapkan di perangkat keras, lunak, maupun kombinasi antara kedua peragkat terdapat tingkatan yang terendah yang didefinisikan oleh perangkat keras yaitu koneksi perangkat keras serta protokol yang digunakan untuk menentukan jenis layanan internet.

Nah mungkin hanya itu penjelasan mengenai protokol dan akan bahas selanjutnya di posting terbaru nanti. Untuk saat ini, mungkin banyak protokol yang dilanggar banyak orang untuk merusak atau menyadap sejumlah informasi berharga dengan kata lain mata-mata di bidang teknologi. Para peretas yang melakukan tersebut mungkin hanya untuk membeberkan rahasia yang ditutupi dari publik. Hal itu mungkin dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat. Namun rasa keinginan seorang hacker canggih yang mampu menembus keamanan suatu negara dan membeberkannya ke media internet akan mengancam kestabilan keamanan negara tersebut. Memang menurut sebagian orang jika kebenaran yang ditutupi sangatlah tidak baik, namun untuk menyiapkan masyarakat tentang hal yang aneh dan ditutupi mungkin akan menjaga keseimbangan mental dan kstabilan keamanan. Untuk itu sebuah filter diperlukan untuk menyaring rahasia yang pantas ditunjukkan dan mana yang tidak pantas untuk dikonsumsi masyarakat mengingat kepenting, kerahasiaan, dan bahaya yang mungkin mengancam. 

Jadi bertindak tepat dan cekatan akan mengurangi ancaman serta mengamankan data informasi sangatlah penting. Marilah kita jaga kedaulatan bangsa ini dengan mengamankan jaringan dan informasi negara sendiri dan menjadi negara maju dengan sesuai norma dan adat negara sendiri tak ikut-ikutan negara lain yang meskipun dianggap baik akan tidak baik bila tidak sesuai dengan masyarakat kita. itulah PR bangsa ini untuk pendidikan  yang mumpuni bukan masalah akademik saja, namun juga mental dan moral serta kecintaan terhadap bangsa ini dan merasa memiliki bangsa ini dan mejaga kedaulatannya.

Posting Komentar untuk "Pengertian Protokol dalam Dunia Komputer"