Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tizen OS 3.0


Sistem Operasi Tizen
Sistem Operasi baru yang akan mengisi pangsa pasar dengan nama OS Tizen selain mengenalkan kamera mirorless pada acara Tizen OS Developer Summit yang bertempat di Seoul, Korea Selatan. Dimana sistem operasi yang tergolong baru ini akan dipasang ke smartphone buatan Samsung dengan sistem operasi Tizen 3.0. Sistem operasi berbasis Linux ini akan menyaingi sistem operasi andalan Google
yaitu Android dan buatan Apple iOS yang terkenal kuat dan elegan. Linux yang notabene adalah sistem operasi open source memberi kebebasan terhadap siapa saja yang ingin menjadi developer dan mengembangkannya agar sesuai dan terus menjadi sistem operasi gratis tentu saja dengan lisensi yang gratis pula.

Kembali ke sistem operasi Tizen dengan fitur update Core dan ToolChain dari sistem operasi dan mendapat dukungan untuk prosesor 64-bit. Tizen juga mendukung IA dan chip ARM dan untuk 64-bit sendiri akan memiliki kinerja dan ruang memori yang lebih besar. Fitur lain yaitu framework user interface 3D, Wayland dengan basis compositor dengan kemampuan dapat menjalankan aplikasi HTML 5 dengan platform Crosswalk. Ditambah lagi Nokia akan menyediakan HERE Maps untuk Tizen dan berusaha memberi pilihan alternatif selain Android.

TIZEN juga menyediakan teknologi Web (HTML, Java Script, dan CSS) serta C/C++ untuk aplikasi nativenya. Ditambah dengan kemampuan HTML5 yang kuat dan fleksibilitas lintas platform, akan menjadi compatible dengan aplikasi dan layanan mobile. SDK dan API juga memungkinkan pengembang untuk menggunakan HTML5 dan teknologi web terkait dengan pembuatan aplikasi yang akan berjalan pada perangkat. Namun Pernyataan Samsung akan menggandeng Fujitsu untuk mengembangkan smartphone bersistem operasi Tizen. Kita lihat saja dan nantikan apakah Tizen mampu lebih baik daripada Android yang selama ini sudah populer. Android yang saya rasa sudah baik dan nyaman untuk dipakai namun bila ada sistem operasi baru yang lebih baik akan meramaikan pasar dan tidak hanya Android yang akan memonopoli pasar smartphone seperti sekarang, namun TIZEN akan menjadi saingan yang akan beredar di 2014 seperti dilansir oleh pihak Samsung.

Posting Komentar untuk "Tizen OS 3.0"