Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Serangan Cyber Autralia Terhadap Indonesia

Serangan Siber
Kabar baru yang baru-baru ini membuat geram Indonesia atas tindakan yang tidak bertanggung jawab atas aksi spionase Australia terhadap Indonesia. Penutupan situs web Autralian Secret Intelligence Service (ASIS) yang dilaporkan mengalami gangguan atau mati beberapa waktu lalu karena dugaan serangan yang dilakukan oleh Anonymous Indonesia itu bertujuan untuk memprotes Australia agar berhenti memata-matai Indonesia
melalui kedutaan besar. Mengenai perang cyber yang berlangsung antara Anonymous Indonesia dengan Anonymous Australia yang saling serang beberapa waktu lalu cukup membuat resah antara kedua belah negara dan menimbulkan rasa was-was.

Namun Kementrian Kominfo melalui Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure/Coordination Center atau disingkat Id-SIRTII/CC akan melakukan investigasi secara cepat dan tepat berkoordinasi dengan pihak Australia Computer Emergency Response Team (CERT-Autralia) yang akan terus mengawasi dan menjaga informasi tentang serangan cyber in  agar tak menambah ketegangan antara kedua negara . Menurut hasil investigasinya, sejauh ini informasi tersebut tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Tetapi berita ini sangat kuat dan hingga ketegangan antar kedua pihak tak terelakkan.

Pemberitaan mengenai peretasan yang sudah melanggar privasi tersebut memiliki potensi untuk menimbulkan keresahan di masing-masing pihak seperti pengguna internet yang merasa khawatir akan privasi, keamanan, dan kenyamanan saat berinternet. Informasi seperti peretasan juga berpotensi dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab yang ingin mengambil keuntungan dari situasi meresahkan banyak pihak. 

Sebagai rakyat Indonesia juga sebaiknya tetap waspada dan untuk pengelola infrasruktur internet juga tidak mudah terpancing dan malah meningkatkan sistem keamanan dimana celah-celah untuk menembus dinding sistem tidak mudah ditembus. Bila sebuah negara saja sudah pernah di jebol, apalagi dengan situs-situs yang lebih kecil dari situs pemerintah yang menyimpan data-datapenting negara.  Pemerintah seharusnya mampu memeberikan rasa aman tentang berita yang beredar tersebut. 

Sebagai suatu negara, Indonesia harus mampu mencegah peretasan yang pastinya merugikan dengan adanya badan yang bertugas menjaga kemanan dibidang cyber ini harus mampu mencegah dan memiliki dinding yang sulit ditembus oleh hacker-hacker yang tidak bertanggung jawab. Di Indonesia tidak sedikit yang paham dan mampu menghalau tidakan peretasan, namun krangnya rasa cinta tanah air yang menyebabkan kurangnya koordinasi untuk mengamankan data-data yang berlalu lalang di dunia maya tersebut.

2 komentar untuk "Serangan Cyber Autralia Terhadap Indonesia"

Silahkan tinggalkan komentar disini :